Kumpulan Ide-ide Bisnis Terbaru Yang Siap Dijalankan Untuk Menuju Kesuksesan di Tahun Ini. Silahkan Diamati,Ditiru Dan Dimodifikasi Ide Bisnis Diblog Ini.( kirimkan ide bisnis atau Usaha Untuk Kami Promosikan Diblog Ini Silahkan Anda ke blocknotinspire@gmail.com )
Kunjungi Versi Mobile KLIK http://ide17bisnis.blogspot.com/?m=1 atau ( KLIK DISINI )

Ide Jitu Usaha Rental Komputer

Peluang Usaha Rental Komputer mungkin bisa menjadi pilihan yang cocok buat anda jika anda bingung mau usaha apa. Memang sekarang ini hampir setiap orang punya komputer pribadi tapi nyatanya bisnis rental komputer masih tetap ramai bahkan tidak pernah sepi dari konsumen.



Ada beberapa alasan kenapa masih banyak orang yang menggunakan jasa rental: sibuk, kemampuan komputer yang terbatas, jauh dari rumah, peralatan komputernya tidak lengkap, komputernya sedang mengalami gangguan, dan terakhir tentu saja orang yang belum punya komputer.

Alasan-alasan itu sudah cukup bagi Anda untuk memberanikan diri membuka usaha ini.

Lalu, langkah apa saja yang perlu disiapkan untuk membuka usaha rental komputer itu?



1.  Mencari Lokasi yang Strategis

Lokasi yang tepat untuk membuka usaha ini adalah dekat sekolah, kampus, dan perkantoran. Jika memungkinkan, carilah tempat yang bersebelahan dengan foto copy (diusahakan foto copy yang ramai).

Anda pasti tahu maksudnya, kan? Iya. Selain bisa promosi secara tidak langsung, kita bisa “menampung” konsumen Foto copy yang akan menggunakan jasa kita karena letaknya yang berdekatan. Toh, kedua usaha ini selalu saling berkaitan.

2.  Melengkapi Alat

Peralatan utama yang Anda perlukan untuk membuka usaha ini, antara lain:

a. Komputer pentium 3 atau 4 yang dilengkapi CD-Rom/CD-RW

b. Printer (printer inkject untuk mencetak dokumen dan printer khusus foto)

c. Scanner

Jumlah komputer sementara cukup 3 PC. Satu untuk operator, sisanya untuk konsumen. Khusus untuk komputer utama (operator) wajib menggunakan komputer dengan spesifikasi tinggi karena pada situasi tertentu komputer itu akan bekerja lebih keras pada saat pekerjaan Anda banyak.

Sementara komputer lainnya, Anda bisa menggunakan spesifikasi standar.

Lalu, berapa dana yang diperlukan untuk membeli alat-alat ini? Kurang lebih 10 juta.

3.  Jenis Jasa

Semakin banyakjasa yang Anda tawarkan kepada konsumen, semakin banyak pula keuntungan yang Anda dapatkan. Berikut adalah beberapa layanan yang sebaiknya Anda tawarkan kepada konsumen untuk memperbesar peluang pemasukan.

1.     Pengetikan makalah, laporan, tugas akhir, dan dokumen lainnya.

2.     Terjemahan

3.     Desain grafis ( Corel Draw, Photoshop, AutoCad, dll.)

4.     Pengolahan data (SPSS, Excel, dll.)

5.     Burning CD

6.     Cetak foto

7.     Print

Keuntungan terbesar rental berasal dari print. Labanya bisa 100% lebih. Keuntungan terbesar lainnya, bisa didapat dari cetak foto dan burning CD.

4.  Kemampuan (Skill)

Uraian nomor 3 sangat bergantung pada kemampuan kita. Untuk itu, kita harus meningkatkan kemampuan kita dalam hal SoftWare maupun hardware. Bagaimanapun juga konsumen akan lebih menyukai rental dengan hasil kerja yang bagus, cepat, dan pelayanan yang memuaskan.

Selanjutnya, Anda bisa menjalankan usaha secara profesional dan tekun. Berusahalah untuk tidak mengecewakan konsumen karena sebagian besar pengguna jasa Anda adalah orang terdidik yang bisa membedakan kualitas satu dengan yang lain.

Apabila rental Anda sudah berjalan lancar dan kondisinya mendukung, Anda bisa mengembangkan usaha dengan memberi layanan tambahan, seperti: menjual aksesoris komputer (CD, mouse, keyboard, flasdisk, dll.), servis, jual beli, dan sebagainya.

Sumber : peluangusaha-oke.com 


Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More