Kumpulan Ide-ide Bisnis Terbaru Yang Siap Dijalankan Untuk Menuju Kesuksesan di Tahun Ini. Silahkan Diamati,Ditiru Dan Dimodifikasi Ide Bisnis Diblog Ini.( kirimkan ide bisnis atau Usaha Untuk Kami Promosikan Diblog Ini Silahkan Anda ke blocknotinspire@gmail.com )
Kunjungi Versi Mobile KLIK http://ide17bisnis.blogspot.com/?m=1 atau ( KLIK DISINI )

Ide Jitu Usaha Dan Bisnis Jenang Dodol

Dodol adalah salah satu makanan tradisional yang sudah banyak di berbagai daerah di Indonesia. Jenang dodol banyak Anda temukan dalam aneka bentuk. Makanan tradisional ini berasal dari bahan dasar ketan, kelapa dan gula merah. Pantas saja jika rasanya legit dan manis
Salah satu kota yang terkenal dengan usaha dodol adalah garut. Walaupun sebenarnya tidak hanya garut saja produsen jenang dodol berada. Sebut saja, di bogor. Di kota hujan ini banyak juga ditemukan pengusaha dodol. Awaknya coba-coba, dan akhirnya berhasil. Keberhasilan beberapa orang pengusaha dodol di sana akhirnya ditiru banyak tetangga sekitarnya.


Pangsa pasar dodol Bogor ini meliputi wilayah jadebotabel dan sekitarnya. Dengan pasar yang sedemikian luasnya satu orang pengusaha jenang dodol bisa menghasilkan 50 kg - 200 kg dodol per harinya.
Dengan pemasaran yang baik, bisnis jenang dodol ini pasti bisa menjadi salah satu peluang usaha yang bisa Anda jalankan.
Jenang dodol yang merupakan makanan tradisional, kini telah mengalami banyak inovasi rasa. Anda sekarang bisa menemui rasa nanas, durian, lidah buaya, dll. Dibawah ini beberapa cara membuat dodol dengan aneka rasa sesuai selera Anda
Usaha Dodol Nanas
Cara Membuat Dodol Nanas

Bahan-bahan :

  • Nanas : 1 kg
  • Beras ketan  : 1/2 kg
  • Gula kelapa/gula pasir : 1 kg
  • Kayu manis : secukupnya
  • Fanili : secukupnya

Cara pembuatan :

Beras ketan ditanak (dimasak) dijadikan ketan yang agak kering-keringan, sebab kalau ketan itu lembab maka jadinya dodol juga kurang baik. Apabila ketan itu telah cukup masak lalu diangkat ditaruh di atas piring.

Nanas dikupas (matanya dibuang) lalu diparut atau dicacah kecil-kecil dan dimasak dengan dicampur gula kelapa. Apabila bubur nanas dan gula kelapa sudah luluh betul-betul, maka masukkan kayu manis dan fanili. Adonan diaduk terus menerus. Bila adonan telah cukup masak, maka pulut ketan yang sudah dingin dimasukkan dalam bubur nanas tadi. Adonan diaduk terus hingga cukup keras. Adonan di dinginkan.

Usaha Dodol Durian
Durian merupakan salah satu buah yang semua orang mengakui nikmat rasanya. Karena itu di industri dodol ada inovasi baru untuk membuat dodol dengan rasa durian
Cara membuat dodol durian
Bahan :

  • ½ kg tepung ketan
  • 1 kg gula jawa
  • Santan cair dan kental dari 3 kelapa
  • Durian secukupnya, buang bijinya
Cara membuat :

  • Tepung diadoni dengan santan cair dan sediit garam. Lalu dibubur sampai matang dan tambahkan daging durian.
  • Gulanya digodok dengan sedikit santan sampai hancur.saring lalu masukkan kedalam adonan ketan yang telah matang. Aduk2 terus.
  • Santan kental dicampurkan sekalian dengan di aduk2 terus sampai kental dan keluar minyaknya.TUang kertas roti yang sudha dipulas dengan minyak. Jika sudah kaku di potong2 , lalu di bungkus dengan kertas minyak.  


Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More