Kumpulan Ide-ide Bisnis Terbaru Yang Siap Dijalankan Untuk Menuju Kesuksesan di Tahun Ini. Silahkan Diamati,Ditiru Dan Dimodifikasi Ide Bisnis Diblog Ini.( kirimkan ide bisnis atau Usaha Untuk Kami Promosikan Diblog Ini Silahkan Anda ke blocknotinspire@gmail.com )
Kunjungi Versi Mobile KLIK http://ide17bisnis.blogspot.com/?m=1 atau ( KLIK DISINI )

Ide Jitu Usaha Bisnis Tepung Singkong Gaplek

Peluang Usaha Bisnis Tepung Singkong Gaplek.  Saat ini tepung gaplek termasuk barang yang ( most wanted ) paling di cari nomor dua setelah tepung gandum . Sekitar 60% pasar belum bisa di penuhi oleh produsen tepung gaplek . Usaha tepung gaplek ini tergolong relatif mudah karena bahan bakunya mudah , tidak ribet dalam pengolahan  dan proses produksinya . Tepung gaplek masih mempunyai pangsa pasar yang bagus . Yang di perlukan dalam bisnis ini adalah lahan untuk pengeringan dan gudang , mesing pengiling gaplek dan bahan packaging.


Untuk Produksinya di bagi menjadai 2 Jenis :
1.  Tepung Kualitas A , Yaitu : Tepung yang berkualitas standart paling baik , biasanya digunakan untuk keperluan industri food ( makanan manusia . Tepung Kualitas A , diambil dari singkong sehat dengan ciri2 singlong benar2 bersih , segar , warna dalamnya putih cerah.  Tepung kualitas A harga dipasaran berkisar Rp 2100 – 2500 / Kg .
2. Tepung Kualitas B , Yaitu : Tepung yang berkualitas rendah , yang biasa di gunakan untuk campuran pakan ternak . Tepung Kualitas B di ambil dari sisa – sisa produksi tepung kualitas A . Jadi warna singkong kurang cerah , dan baunya kurang segar . Tepung kualitas B di psarkan dengan harga Rp 1400 – 1600 / Kg .
Bahan Baku
Untuk pengadaan bahan baku biasanya daerah pemasoknya ,Jawa Tengah adalah Gemolong , Sragen . Untuk Wilayah alternatif yaitu Mantingan , Ngawi dan Wonogiri . Tepung didapat dari para pengepul dan pemasaran juga bisa dilewatkan para pengepul gaplek juga .  Berapa harga bahan baku tepung gaplek ini ? Harga gaplek biasanya sudah di gabung dengan biaya transportasi . Per kilonya Rp 450  – 700 . Keuntungan bersihnya setelah produksi 20% . Jadi jika perhari ada 1 ton dengan harga jual rendah Rp 2100/kg , maka pendapatan perhari Rp 420.000 .  Wilayah pemasaran yang berskala besar adalah : Surabaya , Malang , Tegal dan Semarang .
Kendala Dalam Bisnis Tepung Gaplek
Kendalanya adalah pada waktu musim penghujan . Karena idelanya singkong kering harus di jemur dalam sinar matahari selama 3 hari . Jadi kalo di musim penghujan bisa molor hingga satu minggu . Sarannya : Pembelian gaplek dari pengepul harus yang sudah kering dan sudah di kupas . Sehingga sebelum di giling tinggal jemur sebentar . Ciri singkong kering / gaplek yang bagus adalah warna daging dalamnya putih bersih dan jika dipatahkan akan berbunyi kress , renyah .



Info lebih lanjut mengenai bisnis ini , Silahkan Hub :
Sri Setyaningsih
Beji, Bejen , Karanganyar
0816675242
Sumber : Majalah Trans Agro Edisi 24 , 2010 . Website : www.tabloidtransagro.com


Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More