Kumpulan Ide-ide Bisnis Terbaru Yang Siap Dijalankan Untuk Menuju Kesuksesan di Tahun Ini. Silahkan Diamati,Ditiru Dan Dimodifikasi Ide Bisnis Diblog Ini.( kirimkan ide bisnis atau Usaha Untuk Kami Promosikan Diblog Ini Silahkan Anda ke blocknotinspire@gmail.com )
Kunjungi Versi Mobile KLIK http://ide17bisnis.blogspot.com/?m=1 atau ( KLIK DISINI )

Ide Jitu Sukses Koperasi Karya Usaha Mandiri

Karya Usaha Mandiri adalah lembaga pembiayaan mikro untuk rumah tangga miskin yang dibangun atas ikatan batin, prinsip bersaudara dan kekeluargaan, serta tanpa kegalakan.

"Kita dulu dalam mengembangkan bisnis ini. On the spot dari kampung ke kampung, mereka mempunyai kemampuan tapi belum ditampung, kita bisa berdalog dengan mereka, keinginan mereka seperti apa. Merubah pola pikir mereka, pola kebiasaan mereka, mind set-nya dulu dibina," ungkap Direktur Koperasi Karya Usaha Mandiri Murtadho ketika ditemui okezone di Jakarta baru-baru ini.

Dia menjelaskan dalam membangun usaha kecil ini tidak hanya membutuhkan modal atau uang, tapi juga memerlukan komunikasi, membangun ikatan, membangun ikatan emosional. "Usaha kecil kelemahannya mind set, yang penting dulu adalah memanusiakan manusia, kita bangun ikatan emosional dulu sehingga mereka pure bisa membicarakan kendala mereka, sering komunikasi makan akan terbangun ikatan," jelasnya.


Usaha koperasi mandiri ini dijelaskannya telah berumur 21 tahun, yang pertama kali dibuat di kecamatan Nanggung desa Curug Bitung Kabupaten Bogor pada bulan Oktober 1989 yang dulu itu ditambahkannya hanya mempunyai 10 orang pekerja, dengan modal hanya Rp375 ribu.

Dalam proses memajukan koperasi ini dijelaskannya memang butuh perjuangan, tidak mudah meyakinkan orang untuk meminjamkan uang, dan terkadang orang berfikir adanya unsur kepentingan di sana.

"Prosesnya ada semacam perjuangan, unsur sara muncul waktu itu, orang menanyakan appa iya sih minjemin tidak punya kepentingan? Ada muncul pikiran seperti itu, dan saya juga terus menyemangati mereka," ucapnya.

Dalam proses tersebut bapak berkacamata ini juga mengaku merasa kelelahan. Dia menjelaskan kelelahan itu memang manusiawi, tapi melihat orang yang didampingi ada perubahan, dia mengatakan rasa lelah tersebut bisa terobati.

Setelah menekuni melalu proses tersebut usahanya pun mulai berkembang, dijelaskannya pada tahun 1990 sudah mencapai Rp3,2 juta dimana sebelumnya tahun 1989 hanya bermodal Rp375 ribu. "Tahun 1990 sudah agak sedikit naik nyampe ke Rp3,2 juta lebih, dan sudah muncul para ibunya, bapaknya. Dan di sini sudah bertemu lima wadah rembuk pusat atau pusat pertemuan,nah disini tiap rembuk pusat terdapat 10-30 orang," katanya.

Dijelaskannya wahana rembukan ini adalah tempat bertemunya atau tempat saling curhat menceritakan kendala dan tantangan usaha. "Kasarnya dia kambingnya mati nanya ke kita," ucapnya.

Lebih lanjut dia menambahkan untuk sekarang aset koperasi yang berpusat di Nanggung ini telah beraset sekitar Rp14,5 miliar.

"Sekarang aset kita Rp14,5 miliar, dengan posisi lima cabang, cabang Nanngung yang dijadikan pusat , Cihampea, Parung Panjang, cabang Cijeruk , Bojong Gede. Dan Rp45 Miliar yang pernah diputar, posisi terakhir jumlah binaan 16 binaan, di 19 kecamatan, dan  143 desa," jelasnya.

Untuk pinjalam usaha Mandiri, ini dia mengatakan rata-rata setiap orang meminjam antara Rp500 ribu sampai Rp5 juta dengan rata rata bunga 2,5 persen per bulan. "Buat mereka yang terpenting sebenarnya bukan bunga, tapi akses untuk mengembangkan kreatifitas mereka tersebut," tambahnya.

Ditambahkannya lagi untuk hasil kerajinan tersebut biasanya dijual ke tanah abang untuk barang seperti kayu ukiran, dan batu ukir biasanya dijual untuk yang hobi atau ada pesanan. "Harganya dari Rp150 ribu-Rp3,5 juta," imbuhnya.

Sedikit menanggapi pemerintah, dia mengatakan sebenarnua kemiskinan itu bukan dari segi uang saja, tapi bagaimana pemerintah menumbuhkan domisili kepribadian, memberikan kepercayaan.

"Basicly dasar budaya indonesia, kekeluargaan. Kemiskinan kalau saling memperhatikan tidak akan ada. Pemerintah kemiskinan itu bukan dari segi uang tapi domisili kepribadian juga perlu, dan ini juga kalau terjalin bisa menekan kriminalitas," pungkasnya.

Sumber : okezone.com


Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More